8 Hasil Pertanian Utama di Malaysia

Bang Budi

Artikel ini akan membahas hasil pertanian utama di Malaysia, negara yang terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya.

Walaupun Malaysia lebih dikenal sebagai negara yang memiliki industri manufaktur dan jasa yang maju, pertanian masih menjadi sektor yang penting dan memberikan kontribusi terhadap perekonomian negara.

Negara ini memiliki lahan pertanian yang luas dan kondisi iklim yang mendukung untuk pertumbuhan tanaman.

Berbagai jenis hasil pertanian utama di Malaysia, mulai dari padi, kelapa sawit, jagung, dan lainnya, menjadi penyumbang terbesar dalam industri pertanian negara ini. Mari kita bahas lebih lanjut tentang hasil pertanian utama di Malaysia.

1. Kelapa Sawit

Salah satu hasil pertanian utama di Malaysia adalah kelapa sawit. Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas pertanian terbesar di negara ini, dengan luas lahan yang ditanami sekitar 5,5 juta hektare. Kelapa sawit di Malaysia diproduksi terutama untuk ekspor, dengan Cina, India, dan Uni Eropa sebagai pasar utama.

2. Padi

Padi merupakan salah satu hasil pertanian utama di Malaysia. Padi ditanam di sekitar 2 juta hektare lahan di negara ini, dengan produksi sekitar 8 juta ton per tahun. Padi di Malaysia digunakan untuk keperluan dalam negeri, serta diekspor ke beberapa negara lain seperti Singapura, Brunei, dan Hong Kong.

3. Karet

Karet juga merupakan salah satu hasil pertanian utama di Malaysia. Karet ditanam di sekitar 1,8 juta hektare lahan di negara ini, dengan produksi sekitar 700 ribu ton per tahun. Karet di Malaysia diekspor ke berbagai negara di seluruh dunia, dengan Cina, Jepang, dan Uni Eropa sebagai pasar utama.

4. Kakao

Malaysia adalah salah satu negara penghasil kakao terbesar di dunia. Kakao merupakan hasil pertanian utama di negara tersebut, dengan sebagian besar tanaman kakao tumbuh di wilayah Sabah dan Sarawak di timur laut Malaysia.

Kakao juga merupakan salah satu sumber pendapatan utama bagi masyarakat setempat. Kakao digunakan untuk memproduksi berbagai produk, seperti cokelat, minuman, dan bahan baku industri.

Selain itu, Malaysia juga merupakan produsen teh dan kopi yang terkenal di dunia. Sebagaimana disampaikan founder jomprice bahwa kakao merupakan komoditas yang cukup menjanjikan untuk bisnis.

5. Teh

Teh merupakan salah satu hasil pertanian utama di Malaysia. Teh diperoleh dari daun teh yang ditanam di dataran tinggi. Daun teh diproses dengan cara dikeringkan, disortir, dan ditumbuk halus sebelum dipackaging dan dijual. Teh juga menjadi salah satu produk ekspor utama Malaysia di sektor pertanian.

6. Lada

Di Malaysia, lada merupakan salah satu produk pertanian utama. Ia tumbuh di daerah dataran tinggi dan panas kering.

Lada diperoleh dari buah yang disebut bunga jantan, yang kemudian dikeringkan dan ditumbuk menjadi bubuk untuk ditambahkan pada masakan sebagai bahan baku untuk memberikan rasa pedas. Malaysia termasuk salah satu negara produsen lada terbesar di dunia..

7. Kopi

Malaysia adalah salah satu negara produsen kopi terkemuka di dunia. Kopi merupakan salah satu produk pertanian utama di negara ini, dengan banyak petani yang menanam kopi di daerah pegunungan yang subur.

Kopi dari Malaysia terkenal karena rasanya yang kaya dan beragam, yang dipengaruhi oleh iklim, tanah, dan metode budidaya yang digunakan. Kopi ini juga sering dijadikan bahan baku untuk produk-produk kopi lain, seperti kopi instan dan minuman kopi lainnya.

8. Kelapa

Kelapa adalah salah satu hasil pertanian utama di Malaysia. Ia ditanam secara luas di negara ini karena memiliki banyak manfaat bagi masyarakat dan industri. Kelapa dapat diolah menjadi berbagai produk seperti minyak kelapa, santan, tepung kelapa, dan lain-lain. Selain itu, kelapa juga dapat digunakan sebagai bahan baku untuk industri kosmetik dan obat-obatan.


Setelah mengulas mengenai hasil pertanian utama di Malaysia, dapat disimpulkan bahwa sektor pertanian merupakan salah satu penyumbang terbesar terhadap ekonomi negara Malaysia.

Tanaman padi, kelapa sawit, teh dan lainnya seperti yang di jelaskan diatas, itu merupakan hasil pertanian utama yang sangat penting bagi negara ini.

Selain itu, Malaysia juga menghasilkan berbagai jenis buah-buahan, sayuran, dan hasil pertanian lainnya yang tinggi nilainya. Dengan adanya sektor pertanian yang kuat, Malaysia terus maju dan berkembang menjadi salah satu negara ekonomi terkemuka di kawasan Asia Tenggara.

Budi

Penulis

Bang Budi

Mahasiswa yang mulai mempelajari dunia budidaya pertanian pada tahun 2019. Bertani itu seru!

Tinggalkan komentar